Selasa, 30 November 2010

KERAJINAN BATIK DI SUMENEP

Batik Sumenep

Batik Tulis Madura semakin lama semakin banyak digemari. Ada beberapa Batik Madura yang cukup terkenal seperti Batik Tanjung Bumi dan Batik Sumenep. Batik Tanjung Bumi dinilai lebih memiliki banyak penggemar, hal ini dikarenakan motif dan warnanya yang jauh lebih berani bila dibandingkan dengan Batik Tulis Madura dari daerah lainnya.
Sedangkan Batik Tulis Madura Sumenep memiliki ciri utama Motif Bekisar dan bunga teratai dengan warna utama warna merah. Menurut Nina Soekarwo yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional DEKRANASDA Jawa Timur, kedua motif tersebut melambangkan kedamaian sebagai warisan sejak kerajaan Mojopahit dan jayanya kerajaan Singosari .
Peminat batik tulis Sumenep, Madura, ternyata tidak hanya dari dalam negeri. Wisatawan luar negeri menaruh minat cukup tinggi pada batik yang ditulis langsung dengan tangan ini.Menurut penuturan Ahmad Zaini, salah satu pengrajin batik tulis di desa Pakandangan Barat kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, pasar batik tulisnya sampai ke Australia, Belanda, dan Amerika. Sedangkan untuk pasar dalam negeri menurut Zaini, pihaknya sudah menguasai sebagian besar Jawa Timur, Bali, dan Jawa Barat.Dijelaskan, untuk batik berbahan sutra, Zaini menjual dengan harga antara Rp 400-500 ribu. Sedangkan untuk batik biasa, berkisar antara Rp 40.000-150.000

0 komentar:

Posting Komentar