Sapi Sonok

     










Kecamatan : Lenteng
Desa : Lenteng Timur

  1. Nama Jenis Potensi Wisata : Sapi Sonok
  2. Luas Area : 25m x 8m
  3. Sarana dan prasarana :
    • Lapangan
    • Gapura finish
    • sapi sonok
    • Saronen (musik pengiring)
    • joki.aksesoris lainnya
  4. Deskripsi Potensi Wisata :
    Mengingat tanah madura merupkan tanah pertanian yang tandus, maka hewan ternak sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak memberikan jasa bagi masyarakat Madura Khususnya bagi petani.

    Hal ini menyebabkan adanya hubungan yang kuat antara pemilik dengan hewan piaraan, sehingga petani memberikan perlakuan yang khusus kepada hewan piaraannya. Misalnya cara perawatannya yang betul-betul diperhatikan, mulai dari kebersihan kandangnya, kebersihan sapinya dan makanannya. Saking perhatiannya sehingga sapi yang dipelihara dicari dari sapi yang berasal dari keturunan yang kwalitasnya baik.
    Sapi dibedakan menjadi dua yaitu sapi baik dan sapi biasa. Jika sapi jantan memiliki postur tubuh yang baik maka akan dijadikan sapi kerapan, dan jika betina yang memiliki postur tubuh yang baik maka akan dijadikan sapi pajhengan atau sapi sono' lebih lebih jika sapi betina tersebut memiliki bulu yang indah, gerakan dan keanggunan yang indah ketika berjalan.
    Sejak awal keberadaannya, Sapi Sono' dilombakan dan ada pemenangnya. Namun kegiatan tersebut sering menimbulkan ketidakpuasan pada peserta yang dikalahkan sehingga diganti dengan kontes sapi sono' yang tidak mengambil pemenang melainkan semua peserta mendapatkan cinderamata. Adapun kontes sapi sono' biasanya diadakan menjelang kerapan sapi cuma bedanya lapangan yang digunakan untuk kontes sapi sono' lebih kecil. Sapi yang di konteskan harus berhasil melewati gapura dan didandani layaknya penganten.
    Selama dalam perjalanan mulai dari start musik pengiring sudah mengikuti, dan begitu sapi sudah melewati garis finish baru musik mulai berhenti. Ada hal yang menarik pada pentas sapi sono' yaitu ketika pemberian hadiah atau kenang-kenangan muncul sinden yang menari dengan di iringi musik pengiring yang sebelumnya mengiringi sapi sono'. Acara ini merupakan acara puncak konte sapi sono'.
  5. Deskripsi Pengolahan / Pengembangannya
    Untuk mempertahankan dan mengembangkan tradisi seni budaya kontes sapi sono', jelas perlu adanya. Peran pemerintah yang dalam hal ini dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Hal ini sangat penting mengingat Pemerintah dalam hal ini Disparbud merupkan jembatan bagi semua obyek-obyek yang berhubungan dengan Kepariwisataan, seni dan budaya. Khusus keberadaan sapi sono' yang paling utama adalah bagaimana keberadaan ini tidak hanya diketahui atau diterima oleh masyarakat madura saja, akan tetapi harus bisa mengikuti jejak kerapan sapi yang sudah menasional. Salah satunya adalah dengan jalan memperbayak kontes serta promosi, baik dari pemerintah setempat maupun dari pihak swasta (masyarakat).

0 komentar:

Posting Komentar